Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul alasannya apa saja sih? Seringkali ads yang sudah anda setting tidak dapat muncul dalam pencarian, banyak sekali hal yang mempengaruhinya. Kasus seperti ini tidak hanya terjadi dengan penggunaan Google Ads saja, melainkan pada tools lain yang akhirnya membuat para pengiklan merasa kebingungan. Terlebih bagi pemula yang tidak mengandalkan Jasa Pasang Iklan Google Ads, kejadian seperti ini bisa saja menyebabkan kebingungan.
Beberapa alasan dapat mendorong terjadinya iklan tidak muncul di laman pengiklan maupun target dari iklan itu sendiri. Berikut kelompok permasalahan yang seringkali menyebabkan iklan tidak muncul. Apa sajakah itu dan apakah bisa diselesaikan?
Faktor Yang Menyebabkan Iklan Google Ads Tidak Muncul Serta Cara Mengatasinya
Bid atau Click-Through Rate (CTR) Yang Terlalu Rendah
Ketika penawaran atau bid yang digunakan terlalu rendah maka Google akan menandai hal tersebut sebagai iklan yang tidak terlalu penting. Akibatnya Google hanya akan menayangkannya sesekali bahkan tidak sama sekali atas adanya sistem lelang yang digunakan. Google Ads akan sangat menghargai iklan dengan bid atau CTR tinggi tanpa pikir panjang untuk diunggah. Oleh sebab itu salah satu solusi yang dapat anda gunakan adalah menaikkan budget bid.
Ketika hal tersebut sudah dilakukan dan belum bekerja pada iklan anda, maka anda wajib untuk meninjau ulang kata kunci yang digunakan. Kemudian perlu adanya optimisasi ulang dari judul, penawaran yang menarik, serta tambahan elemen untuk memperkuat daya tarik pada iklan yang akan anda tayangkan kepada khalayak.
Adanya Pelanggaran Kebijakan di Google Ads
Google dikenal sebagai raksasa digital yang memiliki privasi dan regulasi yang ketat untuk menjamin keamanan para penggunanya. Oleh sebab itu, ketika iklan yang anda gunakan tidak dapat tampil dalam halaman internet milik audience, salah satu faktor yang dapat mempengaruhinya adalah dari iklan itu sendiri. Iklan yang melanggar peraturan berupa misrepresentasi, kekerasan, dan hal-hal sensitif lainnya tidak akan muncul di Google dan perlu anda ganti agar bisa kembali tayang.
Penargetan Iklan Yang Tidak Sesuai
Google memiliki kecerdasan buatan yang sangat baik, penyebab iklan Google Ads tidak muncul salah satunya datang dari penargetan iklan yang anda lakukan terlalu sempit. Padahal Google selalu meminta perincian yang sangat detail agar semua orang yang menjadi target anda dan berkesempatan menjadi calon pembeli dapat memperoleh iklan tersebut.
Konsep Google Ads yang memegang teguh prinsip bahwa penargetan sempit hanya akan menampilkan pada orang yang sedikit, dan penargetan luas akan menjadi iklan yang berkualitas adalah kunci yang harus anda ingat. Untuk memastikannya anda dapat memperhatikan bagaimana geografis, minat, hobi, kebiasaan, demografi, dan kata kunci yang paling sering digunakan agar iklan anda muncul dan efektif untuk meningkatkan penjualan. Anda juga bisa menargetkan lokasi tertentu untuk iklan Google Ads Anda.
Adanya Kesalahan Teknis dan Maintenance Website
Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi tidak munculnya iklan yang telah anda setting. Adapun kami membaginya menjadi tiga hal diantaranya yaitu:
Pemeliharaan Oleh Google
Karena banyaknya pengguna baik itu dari sisi penjual ataupun pembeli, maka sudah pasti Google akan melakukan maintenance ketat agar produknya tetap nyaman digunakan. Ketika terjadi pemeliharaan maka akan ada pembatasan akun dan pembayaran yang akhirnya mempengaruhi terbitnya iklan. Faktor ini bisa menjadi latar belakang mengapa iklan ditangguhkan atau bahkan tidak ditampilkan sama sekali.
Masalah Teknis Pada Laman Web
Faktor ini menjadi penghalang paling sering atas mengapa iklan anda tidak kunjung diunggah oleh Google. Permasalah seperti errornya server, kecepatan loading yang sangat lambat, dan tingkat responsibilitas pada pc atau smartphone untuk setting menjadikan iklan tidak tersetting dengan sempurna. Faktor inilah yang menyebabkan iklan anda tertunda untuk diunggah.
Perubahan Algoritma dan Kebijakan Google
Karena adanya peningkatan yang dilakukan oleh Google di setiap bulan, maka sudah dapat dipastikan jika algoritma dan kebijakan juga akan ikut berubah. Persyaratan kualitas akan selalu ditingkatkan sehingga iklan yang sudah terdaftar dan tidak memenuhi syarat bisa saja tidak akan ditampilkan. Sebuah kewajiban bagi anda untuk selalu update mengenai persyaratan yang Google berikan untuk kebijakan iklan yang akan ditayangkan.Selain itu masih banyak faktor yang menyebabkan iklan tidak dapat muncul yaitu kata kunci yang tidak mempengaruhi syarat, penjadwalan iklan yang salah, negative keyword yang salah untuk diaktifkan, kurang fokusnya Ad Group, teks iklan yang kurang mewakili produk dan segmen pembeli, CPC yang melebihi ambang batas, dan iklan yang belum diaktifkan. Adapun landing page yang tidak relevan dengan kata kunci iklan serta pembayaran yang belum terkirim turut menjadi alasan penyebab iklan Google Ads tidak muncul.