Bagi Anda pemilik situs atau website, pastinya memasang iklan menggunakan layanan Google Ads adalah hal yang penting. Untuk itulah, Anda harus mempelajari berbagai macam faktor yang mempengaruhi performa iklan Anda. Salah satunya adalah Quality Score atau yang juga bisa disebut sebagai Skor Kualitas. Lalu, bagaimana cara meningkatkan quality score di iklan Google?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, simak dulu pengertian dari Skor Kualitas yuk! Istilah ini sangat penting untuk dipahami jika ingin SEM atau Search Engine Marketing Anda dapat sukses. Quality Score juga berpengaruh kepada harga sekaligus efektivitas iklan yang Anda lakukan melalui Google Ads. Jadi, Anda harus paham betul mengenai skor kualitas jika ingin performa iklan Anda maksimal.
Apa yang Dimaksud Dengan Quality Score?
Quality Score merupakan alat parameter untuk menentukan ranking iklan dan membandingkan kualitas iklan Anda dengan iklan-iklan yang lainnya. Quality Score diukur dengan skala nilai 1-10. Dengan demikian, Semakin tinggi skor Anda, maka semakin berguna dan relevan kata kunci Anda jika dibandingkan dengan iklan-iklan lain yang ada di Google. Dengan Skor Kualitas ini, Anda bisa mengidentifikasi faktor-faktor menguntungkan yang bisa meningkatkan iklan dan kata kunci Anda, serta traffic di website Anda.
Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui bahwa Quality Score tidak bisa digunakan sebagai indikator utama untuk menilai performa. Anda juga tidak boleh mengoptimalkan ataupun menggabungkan skor kualitas dengan data lain. Quality Score hanya alat diagnostik untuk mengidentifikasi pengaruh kata kunci terhadap pengalaman user atau pengguna.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah Quality Score, yakni click-through rate atau CTR, relevansi landing page, relevansi keyword dan teks iklan, serta riwayat performa Google Ads account. Meskipun faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi skor kualitas, tapi Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar pengaruhnya.
Yang pasti, CTR atau click-through rate bisa dibilang merupakan algoritma skor kualitas yang paling penting. Semakin banyak orang yang klik iklan Anda, pastinya hal itu berarti bahwa iklan Anda bermanfaat bagi para user. Dengan demikian, iklan Anda akan mendapatkan performa yang baik dengan nilai skor kualitas tinggi sehingga biaya iklan Anda pun jadi lebih murah. Untuk mendapatkan ranking teratas, tentu iklan Anda harus bersaing dengan para pengiklan lain.
Untuk menghitung Quality Score, Anda dapat menggabungkan performa dari tiga komponen. Yang pertama yaitu Rasio CTR, atau jumlah klik ketika iklan Anda sudah tampil. Kemudian yang ke dua, ada relevansi iklan atau seberapa pas iklan dengan pencarian yang dilakukan oleh para pengguna. Yang terakhir ada kualitas landing page, atau seberapa berguna halaman landing Anda bagi orang-orang yang telah klik iklan Anda.
Bagaimana Cara Meningkatkan Quality Score?
Untuk meningkatkan quality score di iklan Google, Anda dapat mengikuti cara-cara di bawah ini:
Mengelompokkan Campaign dan Ad Groups Dengan Jelas
Pada iklan Google, ada dua level iklan yang disebut sebagai Campaign dan Ad Groups. Dengan kata lain, setiap campaign memiliki Ad Groups masing-masing. Jadi, Anda harus membuat Ad Group dengan jelas dan tersusun rapi. Sehingga ke depannya, Anda tidak bingung jika ingin membuat iklan lainnya.
Pentingnya Keyword Pada Bagian Judul dan Kolom Deskripsi
Dalam membuat iklan, Anda tidak hanya bisa sembarangan memberi judul ataupun deskripsi. Dengan demikian, keyword atau kata kunci memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga teks yang ada dalam iklan Anda menjadi sederhana dan jelas penyampaiannya. Maka dari itu, sebelum membuat keyword, pastikan Anda melakukan riset mendalam untuk menemukan kata kunci yang paling efektif untuk iklan Anda.
Iklan, Kata Kunci, dan Landing Page Harus Relevan
Hal ini tentu tidak kalah penting. Logikanya, jika kata kunci dengan isi web Anda tidak relevan, maka para pengguna tidak akan klik iklan Anda. Sehingga, bisa-bisa performa iklan Anda akan menjadi buruk dan memiliki rating yang rendah ketika dibandingkan dengan iklan-iklan lainnya.
Click-Through Rate atau CTR Harus Tinggi
Semakin tinggi CTR, maka akan semakin tinggi pula Skor Kualitas dari iklan Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat iklan semenarik mungkin. Sehingga, banyak orang akan tertarik untuk klik iklan Anda. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga relevansi iklan, ya!
Loading Halaman Website Harus Cepat
Ketika ada orang yang klik situs Anda, pastinya dia akan berharap supaya tidak menunggu lama untuk bisa melihat isi websitenya. Nah, bagaimana kalau website Anda memiliki loading page yang lambat? Pastinya, pengguna tersebut akan ‘kabur’ dan menutup halaman website Anda, untuk kemudian mencari situs lain yang lebih cepat dan relevan.
Jika hal itu terjadi, bounce rate Anda akan menjadi tinggi. Bagi yang belum tahu, bounce rate adalah jumlah pengguna yang mengunjungi website Anda dan menutup halaman tanpa membuka halaman selanjutnya. Semakin tinggi bounce rate, maka semakin rendah ranking website di Google. Jadi, pastikan loading halaman situs Anda harus cepat.
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Untuk memeriksa quality score, pertama-tama Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Google Ads, lalu pilih Kata Kunci di sebelah kiri menu. Setelah itu, klik ikon kolom yang ada di bagian kanan atas tabel. Barulah kemudian, buka Quality Score pada bagian “Ubah Kolom untuk Kata Kunci”. Jika Anda ingin mengecek Quality Score pada periode sebelumnya, Anda bisa memilih menu Quality Score (hist.).
Bagaimana? Sudah paham kan cara untuk meningkatkan Quality Score di Iklan Google? Sekarang, yuk segera temukan kata kunci yang relevan dan buat iklan untuk website Anda. Semoga berhasil, ya!