Negatif Keyword Google Ads merupakan salah satu cara untuk menawarkan solusi cemerlang guna menjangkau tujuan dari apa yang anda ingin dapatkan. Sebagai contoh apabila anda bertujuan untuk mendapatkan banyak konversi makan anda harus memasukkan kata kunci yang memiliki potensi guna mencapai tujuan anda.

Namun dalam memilih kata kunci memerlukan keahlian yang lebih. Hal itu mengingat tidak semua kata kunci dapat membantu goal anda.

Apa itu Negatif Keyword

Istilah negatif keywords banyak dikenal dalam Google Ads. Negatif keywords mampu memberikan anda pengecualian istilah penelusuran dari kampanye iklan. Sehingga anda dapat fokus pada keywords yang relevan kepada audiens.

Ketika anda ingin menjual Aksesoris Motor, maka anda harus memasukkan ‘Aksesoris wanita’, ‘Aksesoris anak-anak’ sebagai opsi negatif keywords. Hal tersebut bertujuan apabila ada pengguna yang melakukan dengan kata kunci tersebut, iklan anda yang menjual ‘Aksesoris motor’ tidak muncul.

Selain itu, apabila negatif keyword diimplementasikan dengan benar dan tepat dapat mampu menghambat anggaran iklan yang bakal anda keluarkan. Namun itu semua kembali kepada anda, apakah strategi yang dijalankan tepat atau tidak.

Kegunaan Negatif Keyword

Semua orang pasti dalam menjalankan sebuah bisnis ingin menghasilkan konversi secara continous. Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan eksistensi perusahaan kedepannya.

Penggunaan negatif keyword akan membantu anda untuk memperketat relevansi kata kunci sesuai dengan yang anda ingin tuju. Berikut beberapa kegunaan negatif keyword yang perlu anda ketahui :

  • Tingkatkan konversi alias penjualan produk/jasa
  • Tingkatkan relevansi kata kunci
  • Tingkatkan Click Through Rate (CTR)
  • Menghemat budget iklan
  • Tingkatkan ROAS

Jenis Pencocokan Negatif Keyword

Negative Keywords

Kata kunci negatif dapat diimplementasikan pada kampanye atau iklan anda melalui beberapa jenis yakni broad match, phrase match, ataupun exact match. Pemilihan jenis tersebut tergantung kebutuhan anda masing-masing.

Namun untuk menggunakan jenis pencocokan tersebut anda harus mengetahui dengan baik untuk memahami cara kerja juga karakteristik tiap masing-masingnya. Berikut adalah jenis pencocokan beserta contohnya:

Broad Match

Negatif keyword Google Ads dalam broad match akan menampilkan iklan anda kendati dalam penelusuranya tidak sama persis akan kata kunci yang telah anda rumuskan.

Semisal anda menjual ‘Sepatu Futsal’, dalam broad match iklan anda masih berpotensi tampil ketika pengguna mencari penelusuran ‘Sepatu Lari’. ‘Sepatu Bola’ pada mesin pencari.

Dalam menerapkan negatif keyword pada broad match anda juga perlu mempertimbangkan dengan matang dan tepat. Salah-salah justru kampanye anda akan memiliki jangkauan yang terbatas.

Phrase Match

Phrase match negatif akan mengecualikan iklan anda ketika pengguna dalam menuliskan kata kunci pada mesin pencari terdapat tambahan kata yang berbeda dari kata kunci yang anda rumuskan sebelumnya.

Alhasil iklan anda tidak akan muncul ketika anda merumuskan kata kunci ‘Jual handphone murah’ namun terdapat pengguna yang menelusuri dalam mesin pencari dengan kata kunci ‘Jual handphone murah di dekat sini’.

Bisa dibilang, phrase match merupakan salah satu pilihan yang aman mengingat pengguna harus mencari kata kunci yang sama persis. Hal ini tentu akan mengurangi resiko anggaran iklan anda. Namun memiliki dampak negatif yakni akan mempersempit audiens anda untuk melihat iklan anda.

Exact Match

Exact match negatif bakal menghindari penayangan iklan anda dalam pencarian yang menyertakan kata kunci apa adanya, tanpa variasi.

Contohnya ketika anda memiliki kata kunci ‘Libur musim dingin’ maka iklan anda tidak akan muncul dalam hasil penelusuran kata kunci ‘Libur musim dingin’. Namun apabila ada variasi frasa seperti ‘Liburan musim dingin’ iklan anda akan ditampilkan.

Cara Mengidentifikasi Negatif Keyword Google Ads

Negatif Keywords

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi negatif keyword? ternyata ada berbagai cara yang anda dapat praktikkan. Sebut saja mulai dari proses riset keyword hingga melalui pencarian Google secara manual.

Fase identifikasi negatif keyword sangat penting bagi anda yang ingin menghindari kampanye anda dalam pencarian yang tidak relevan dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Hal tersebut akan membantu anda untuk menghemat anggaran, waktu, dan membantu pengoptimalan konversi.

Identifikasi Negatif Keyword saat Melakukan Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci merupakan hal yang vital untuk mendapatkan target audiens yang relevan dengan produk, layanan dan isi konten kampanye yang anda jalankan.

Sehingga anda perlu untuk melakukan analisis, komparasi hingga mendapatkan kata kunci yang pas dan tepat guna mengoptimasi goal yang ingin anda dapatkan.

Sembari anda melakukan analisis terhadap istilah penelusuran yang ingin ditargetkan, anda juga sekaligus dapat memilih istilah untuk ditambahkan ke daftar negatif keyword.

Sebagai contoh jika anda menjual ‘Tas sepeda’ maka iklan anda harus menghindari ditampilkan pada penelusuran pengguna ‘Tas belanja’, ‘Tas kantor’ ataupun ‘Tas gunung’.

Manual Search

Untuk mengidentifikasi negatif keyword salah satunya dapat menggunakan metode sederhana namun soal kegunaanya tidak dapat diragukan kembali.

Anda bisa melakukan pencarian secara manual untuk mencari 10 kata kunci teratas dari keyword pada kampanye yang anda jalankan. Hal tersebut akan membantu anda mana istilah yang harus anda hindari.

Mencari istilah ‘tutor online’ merangsang berbagai hasil. Anda mungkin seorang tutor online yang mencari murid dan jika demikian, sebaiknya buang istilah pencarian yang mencakup lowongan pekerjaan atau les online gratis misalnya.

Jika anda menargetkan kata kunci ‘Tutor online’ artinya anda adalah seorang guru les virtual yang sedang mencari murid. Oleh sebab itu anda harus menghindari istilah les online gratis sebagai contohnya.

Laporan istilah Penelusuran Google Ads

Menggunakan laporan istilah penelusuran Google Ads akan membantu anda untuk mengidentifikasi negatif keywords yang tidak memiliki relevansi dengan produk atau jasa anda.

Caranya yakni buka search terms report pada akun Google Ads anda, kemudian pilih rentang tanggal dan unduh hasilnya. Dalam file tersebut akan berisi kolom-kolom untuk melacak metrik kinerja, konversi, ataupun atribut lainnya. Setelah anda melakukan analisis dengan seksama, maka kini istilah keyword Google Ads tersebut dapat ditambahkan ke dalam akun Google Ads anda.

Ingin Lebih Banyak Konten Wawasan?

Temukan konten berwawasan luas dari halaman situs web kami tentang segala pengetahuan mengenai periklanan Google Ads yang efektif dan efisien bagi kampanye iklan yang sedang anda jalankan. Namun apabila anda memerlukan bantuan anda dapat menghubungi tim kami yang berpengalaman dalam merumuskan negatif keyword Google Ads selama bertahun-tahun.