banyumedia.co.id – Pernahkah Anda mengalami tingkat konversi iklan yang rendah sehingga berpengaruh terhadap aktivitas penjualan bisnis Anda? Perlu diketahui hal ini bisa diakibatkan karena adanya penyebab performa iklan Google Ads tiba-tiba menurun.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Biasanya, penyebab umumnya karena tingkat volume klik pada iklan yang ditayangkan lebih rendah. Tidak hanya itu saja, ada beberapa faktor penyebab mengapa performa iklan bisa menurun dalam kurun waktu tertentu.
Penyebab Performa Iklan Google Ads Turun
Ada 4 faktor penyebab menurunnya performa iklan yang setidaknya harus Anda ketahui dalam Google Ads. Apa saja itu?
Mengubah Iklan
Apabila Anda mengubah iklan secara mendadak, tentu ini akan membuat performa iklan menurun. Terkadang memang diperlukan untuk mengatur ulang pembuatan kampanye iklan Anda di Google Ads.
Namun untuk mengubah iklan seperti ini harus dilakukan dengan hati-hati agar iklan dapat tayang sesuai kebutuhan. Karena jika sistem yang diatur salah, maka bisa menyebabkan pengaturan sebelumnya tidak berlaku dan membuat performa turun secara mendadak.
Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan pengujian iklan baru pastikan Anda mendapatkan gambaran yang baik tentang kinerja iklan baru tersebut. Tidak lupa untuk menyusun strategi kembali agar performa iklan terus meningkat. Kesalahan Setting Lokasi Google Ads juga bisa menyumbang penyebab performa iklan Google Ads tiba – tiba menurun.
Kualitas Skor yang Sedikit
Kualitas skor pada iklan Google Ads memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan kampanye bisnis. Maka dari itu, pastikan Anda tetap menjaga skor tetap baik untuk mencegah penurunan tayangan secara tiba-tiba.
Semakin sedikit kualitas skor yang Anda miliki, ini menunjukkan angka mutu yang rendah pada iklan sehingga sulit untuk mempertahankan posisi yang sama seperti sebelumnya. Sehingga Anda perlu memeriksa laman website Anda dan melakukan relevansi iklan berdasarkan kata kunci, landing page, serta permintaan pencarian sesuai kebutuhan.
Pengaruh Iklan dari Pesaing
Dalam menayangkan iklan Google Ads, terkadang perlu untuk melihat bagaimana cara pesaing menerapkan strategi kampanye mereka. Hal ini dikarenakan kualitas iklan pesaing bisa berpengaruh terhadap performa iklan bisnis yang sejenis.
Hal ini umum terjadi terutama ketika pesaing mempromosikan sesuatu dengan cara yang lebih agresif dan kata kunci yang sama seperti bisnis Anda. Jika performa iklan Anda menurun disebabkan karena faktor tersebut, maka lakukan pengujian kembali untuk menerapkan strategi kampanye yang lebih unik, menonjol, dan berbeda dari iklan pesaing.
Mengubah Strategi Kata Kunci
Jika Anda mengubah strategi kata kunci dalam kampanye iklan Google Ads, ini bisa mempengaruhi performa ke depannya. Meski perubahan ini belum tentu berdampak buruk, namun Anda perlu memastikan strategi yang diterapkan benar-benar tepat.
Kesalahan dalam pengubahan strategi kata kunci, tentu akan berpengaruh terhadap menurunnya tingkat performa iklan Google Ads. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan anggaran dengan bijak untuk menerapkan strategi kata kunci yang lebih relevan sesuai dengan bisnis Anda.
Perhatikan kembali apakah tingkat konversi yang dihasilkan memiliki pengaruh terhadap performa iklan Anda. Cari informasi lebih detail untuk melakukan perbandingan antara kata kunci sebelum dan setelah diubah.Dari beberapa penyebab performa iklan Google Ads tiba-tiba menurun, faktor lainnya juga bisa dipengaruhi karena kesalahan setting lokasi di Google Ads. Sehingga ini membuat tingkat konversi dan jumlah klik iklan yang dihasilkan sangat rendah. Untuk meminimalisir kesalahan dalam pembuatan kampanye ini, Anda bisa mengandalkan jasa pasang iklan Google Ads terpercaya yang tersedia di Banyumedia.