Tak hanya ada short tail keyword dan long tail keyword, ternyata jenis keyword di dalam SEO ada juga mid-tail keyword. Maksudnya mid-tail keyword dalam SEO bagaimana? Bagaimana cara untuk mengoptimasikannya? Pada artikel ini, mari kita belajar dan bahas bersama – sama mengenai jenis keyword yang satu ini.

Apa itu Mid Tail Keyword?

Medium tail keyword dalam SEO sering juga disebut dengan “broad match” atau “chunky” merupakan istilah dalam mesin pencari yang cukup kompetitif yang mewakili volume pencarian menengah dan kesulitan untuk mengoptimasi menengah pula. Medium tail keyword sangat bagus karena jauh lebih spesifik dari short tail keyword namun masih memiliki pencarian yang jauh lebih banyak daripada long tail keyword. 

Umumnya frasa mid tail keyword terdiri dari 3 atau 4 kata. Medium tail keyword banyak digunakan oleh para praktisi SEO Terpercaya karena dianggap lebih menguntungkan. Namun tentu saja penggunanya harus dikombinasikan agar tujuan SEO bisa dicapai.

Cara Menemukan Medium Tail Keyword

Tools riset keyword adalah salah satu cara untuk menemukan medium tail keyword dalam SEO yang paling banyak digunakan oleh para praktisi SEO. Nah, tools yang bisa digunakan apa saja? Mari kita bahas bersama di bawah ini :

Ahrefs (Berbayar)

Mid Tail Keyword

Ahrefs adalah all-in-one tool untuk SEO dan backlink analysis. Selain itu, Ahrefs juga termasuk ke dalam tools yang memiliki index kata kunci terbesar. Meskipun Ahrefs lebih fokus ke backlink analysis namun Ahrefs juga bisa dijadikan sebagai sumber kata kunci, bahkan Anda juga mungkin sekali untuk menganalisa kata kunci yang digunakan oleh pesaing menggunakan tools yang satu ini. 

Ahrefs menyediakan fitur bernama Ahrefs Keyword Research. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerima laporan terperinci tentang persaingan, lalu lintas kata kunci, serta memungkinkan untuk menemukan kata kunci dengan istilah baru dengan melihat tingkat persaingan yang dimilikinya. 

Google Keyword Planner (Gratis)

Mid-Tail Keyword

Google Keyword Planner yang mana tools bawaan Google Ads merupakan tools sederhana yang berguna melihat volume pencarian kata kunci apapun untuk mengukur persaingannya. Tools yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus beriklan di Google Ads. Tools yang satu ini memberikan saran keyword bersamaan dengan informasi tentang pencarian rata – rata bulanan, rata – rata PPC bid, serta persaingan dalam Google Ads.

Anda juga bisa menggunakan Keyword Everywhere sebagai alternatif. Keyword everywhere adalah add on browser yang memungkinkan Anda untuk menemukan mid tail keyword dalam SEO.

SEMrush (Berbayar)

Mid Tail Keyword

Selain Ahrefs, SEMrush juga merupakan all-in-one SEO tools untuk marketing analysis sehingga dapat Anda manfaatkan untuk menemukan kata kunci. Tools yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk menganalisa PPC, bidding CPC, Google Ads Budgets dan mengetahui kata kunci mana yang memiliki tingkat persaingan yang mudah untuk dioptimasikan. 

Bagaimana Cara Untuk Mengoptimasi Mid Tail Keyword?

Mengoptimasi mid tail keyword bukan hanya tentang bagaimana cara memaksimalkan traffic namun juga tentang bagaimana cara memilih kata kunci yang paling relevan dan dibutuhkan oleh pengguna. Meskipun terlihat mudah, mengoptimasikan mid tail keyword dalam SEO juga membutuhkan waktu dan juga usaha. Konten yang dibuat dari mid tail keyword tetap harus berkualitas serta Anda tetap harus menggunakan backlink yang berkualitas agar halaman Anda dilirik.

Menggunakan inbound link juga termasuk ke dalam salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan. Fokus ke satu atau dua mid tail keyword memungkinkan Anda untuk menginvestasikan banyak effort ke konten yang spesifik daripada mempublikasikan banyak konten untuk long tail keyword yang memiliki jauh lebih banyak istilah penelusuran.

Pentingnya Melakukan Riset Keyword

Mid-Tail Keyword

Keyword research merupakan salah satu hal yang krusial dalam SEO. Digital marketing yang sukses juga ditentukan dari pemilihan keyword (entah itu short tail, mid tail, atau long tail keyword) yang tepat dan relevan dengan bisnis yang dijalankan. Selalu ingat, salah satu tujuan melakukan riset kata kunci adalah kata atau frasa yang dicari oleh pelanggan Anda dan relevansinya dengan situs Anda. Meskipun riset kata kunci adalah sesuatu yang penting, namun bukan berarti yang terpenting. Harus juga dibarengi dengan yang lainnya.

Nah itulah beberapa hal mengenai mid-tail keyword dalam SEO yang harus Anda ketahui. Semoga dengan mengetahui jenis kata kunci yang satu ini, Anda bisa mencapai tujuan SEO yakni berada di posisi terbaik dalam SERPs.