banyumedia.co.id – Apakah anda tahu mengenai Mitos Tentang SEO? para digital marketer hingga pakar SEO pasti menginginkan artikel pada situs web yang dikelola berada di halaman utama teratas pada mesin pencari Google. 

Jika anda hanya mengimplementasikan tips di luar ketentuan Google dengan sifat semu yang terkesan mitos, justru artikel atau situs web anda bisa saja terkena banned oleh Google karena dianggap melanggar ketentuan komunitas.

Faktanya memang tidak semua tips-tips tersebut dapat menunjang proses SEO yang sedang anda jalankan. 

Jika anda mengalami kendala dalam proses optimasi mesin pencari, anda bisa menggunakan Jasa SEO website yang berpengalaman. Pada artikel kali ini, kami ingin mengulas secara tuntas secara menyeluruh mengenai kesalahan-kesalahan apa yang tidak menimbulkan dampak positif apapun pada Search Engine Optimization (SEO).

8 Mitos Search Engine Optimization yang Wajib Anda Ketahui

Mitos Tentang SEO

SEO Sudah Mati

Percayalah ini merupakan mitos terbesar abad ini, SEO tidak akan mati dan akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Saat ini Google memiliki rata-rata 40.000 permintaan setiap detik dengan total pengguna sebesar 3,5 miliar pencari perhari.

Pencarian organik pada mesin pencari Google saat ini bertanggungjawab atas 53% lalu lintas dari seluruh dunia. Ketika anda dapat bersaing dengan jutas situs web dari seluruh dunia artinya konten anda masih dianggap relevan dan memiliki kualitas sesuai kebutuhan pengguna. Hal itu artinya SEO akan tetap hidup karena sangat penting dan berarti untuk tiap sendi kehidupan manusia.

Konten Baru Menjamin Kesuksesan SEO

Banyak yang percaya jika anda membuat konten baru setiap hari dapat meningkatkan peringkat anda di mesin pencari Google lebih mudah. Faktanya anggapan tersebut tidak semuanya bisa anda telan secara mentah-mentah. Buatlah konten segar yang mengandung informasi lengkap dan terpercaya.

Sebagai contoh anda membuat artikel mengenai Smartphone terbaik pada tahun 2018, tentu Google akan menilai konten anda sudah tidak relevan kembali serta peringkat pada mesin pencari akan mengalami penurunan secara bersamaan. 

Hal yang harus anda lakukan saat ini yakni kembangkan kembali artikel anda pada tahun 2018 tersebut dan tambahkan informasi baru yang relevan pada perkembangan smartphone saat ini.

Google Akan Digantikan oleh Kecerdasan Buatan

Beberapa tahun belakangan ini dunia dihebohkan dengan kemunculan Artificial Intelligence (AI) yang dipercaya dapat memudahkan manusia. Padahal kecerdasan buatan telah lama digunakan oleh mesin pencari Google dan telah kita rasakan selama bertahun-tahun lamanya.

Pada awal tahun 2023, Google mengumumkan kecerdasan buatan terbarunya yang dikenal dengan nama Bard. Hadirnya Bard sendiri sejatinya untuk mengatasi potensi hilangnya traffic Google ke beberapa AI terkenal seperti Chat GTP. Bahkan beberapa raksasa teknologi seperti Microsoft membuat terobosan terbaru dimana Microsoft akan terintegrasi dengan Chat GTP sebagai langkah pencegahan kehilangan traffic akibat hadirnya AI.

Mitos Tentang SEO

Media Sosial Tidak Mempengaruhi SEO

Anda masih percaya Mitos Tentang SEO tersebut? padahal konten yang kita unggah melalui Sosial Media dan adanya feedback dari user lain seperti like, komentar, berbagai, dan keterlibatan lain yang bernuansa positif dapat menjadi faktor yang meningkatkan peringkat pada mesin pencari.

Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh sejumlah peneliti dimana terjadi korelasi yang erat antara Mesin Pencari dan Social Sign. Jadi media sosial tidak memiliki dampak pada SEO sudah terbukti ya hanya sebagai mitos saja.

Keyword Density Tinggi

Kata siapa keyword density tinggi akan memudahkan mencapai peringkat satu Google? faktanya keyword density yang tinggi justru dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab turunnya peringkat anda pada mesin pencari.

Hal tersebut karena dengan kepadatan kata kunci yang tinggi justru situs web anda akan dianggap memiliki kualitas dan keterbacaan konten yang buruk bahkan sampai dianggap sebagai sebuah spam yang sangat merugikan.

SEO Hanya Cocok Untuk Perusahaan Besar

Mitos Tentang SEO tersebut timbul karena adanya persepsi jika perusahaan besar pasti memiliki anggaran yang besar. Banyak yang beranggapan jika perusahaan kecil menjadi sia-sia saja ketika menjalankan SEO. Memang benar besaran anggaran pada SEo akan memberikan strategi dengan hasil yang lebih komprehensif.

Namun faktanya banyak para pelaku UMKM yang sukses menjalankan SEO dengan peringkat dan visibilitas yang baik bahkan dengan anggaran yang terbilang kecil. Kunci kesuksesan SEO yakni ketika strategi riset kata kunci, pengoptimalan halaman, sampai dengan pembuatan konten yang berkualitas telah diramu menjadi satu-kesatuan yang ideal guna sebagai langkah sukses digital marketing produk anda.

Mitos Tentang SEO

SEO Cukup Dilakukan Sekali Saja

Pada SEO anda wajib menjalankannya secara berkelanjutan dengan perbaikan-perbaikan yang terus anda lakukan karena SEO bersifat sangat dinamis berbeda dengan iklan berbayar. Berbicara mengenai SEO kita tidak hanya berfokus pada kata kunci saja, namun anda wajib menghadirkan konten yang berkualitas sesuai kebutuhan pengguna mesin pencari.

Google selalu mengubah algoritma secara berkala, hal tersebutlah yang membuat anda wajib memelihara SEO secara berkelanjutan. Pada intinya ketika algoritma Google telah berubah, kendati anda sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, anda wajib mempelajari mengenai update terbaru ketentuan SEO agar tetap menguasai halaman utama mesin pencari.

Selain itu kecepatan situs web juga wajib anda uji dan atur strategi secara berkala, saat ini Indonesia sebagai negara pengguna smartphone terbesar ke-4 di seluruh dunia, sebab itu anda wajib memahami Google AMP untuk SEO guna optimasi kecepatan situs web ketika diakses melalui seluler.

Keyword Dengan Pencarian Volume Rendah Hanya Buang Waktu

Menargetkan kata kunci dengan pencarian volume yang rendah sering kali dianggap sebelah mata karena dianggap sia-sia dan membuang waktu serta uang saja. Padahal jika anda memiliki pasar yang lebih detail anda bisa menggunakan long tail keyword yang dianggap memiliki pencarian volume yang rendah namun mampu menghasilkan tingkat konversi yang terbilang tinggi.

Long tail keyword merupakan solusi SEO efektif dan efisien karena dalam persaingannya tidak sesulit keyword dengan tingkat pencarian yang tinggi namun tetap menghasilkan keuntungan.Semoga setelah anda membaca ulasan dari kami anda menjadi lebih mengerti mengenai Mitos Tentang SEO yang wajib anda ketahui dan hindari. Kami harap anda akan terus belajar mengenai SEO dan dapat mencapai halaman pertama dalam mesin pencari.