Mengetahui seberapa penting referring domain untuk SEO penting halnya untuk mempertahankan rangking serta membangun link yang memiliki otoritas yang tinggi meskipun Anda menggunakan Jasa SEO atau bahkan Jasa Backlink sekalipun. Kualitas dan kuantitas referring domain dalam SEO bisa memiliki pengaruh yang berbeda – beda. 

Dalam SEO, antara tautan yang satu dengan yang lainnya tidak memiliki bobot yang sama. Ini berarti dua ratus backlink dari satu situs web tidak secara otomatis lebih baik daripada seratus backlink dari referring domain yang berbeda. Anda perlu mendapatkan sejumlah referring domain untuk mendapatkan lebih banyak sumber lalu lintas, kunjungan, dan tayangan sebuah situs.

Terdengar membingungkan? Tenang saja, di postingan ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai referring domain dan dampaknya untuk SEO. Sebelum membahas hal tersebut, tak ada salahnya untuk mengetahui yang dimaksud dengan referring domains. 

Apa itu Referring Domains?

Referring domains atau dikenal juga dengan “linking domains” adalah situs external yang mengarah ke situs kita. Domain ini berisi backlink yang mengarahkan lalu lintas dan tampilan ke halaman spesifik Anda. Coba lihat ilustrasi gambar di bawah ini :

Referring Domain dalam SEO

Dalam ilustrasi tersebut, Anda dapat melihat beberapa referring domain yang merujuk ke situs Anda. Referring domain ini berbeda dengan jumlah backlink. Ilustrasi tersebut menggambarkan eksternal website yang mengarah ke situs Anda.

Situs Anda mungkin saja memperoleh beberapa domain yang mana domain tersebut berisi lebih dari satu backlink yang menuju ke situs Anda. Dalam beberapa kasus, situs Anda dapat menjadi referring domain jika situs Anda memiliki tautan yang mengarah ke website yang lainnya.

Contohnya, misalkan saja situs A (external situs) dianggap referring domain ketika memiliki satu, dua atau bahkan lebih yang menuju ke situs B (situs Anda). Meskipun memiliki dua backlink (misalnya) namun itu hanya akan dianggap satu referring domain yakni dari situs A saja. 

Beberapa orang menganggap bahwa backlink dan referring domain adalah sesuatu yang sama. Padahal hal itu belum tentu. Untuk lebih paham lagi mengenai referring domain, mari kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan antara external link dan referring domain. Simak selengkapnya di bawah ini.

External Backlink Vs Referring Domains

Backlink adalah link yang masuk dari referring domain untuk situs yang lainnya. Ini adalah link yang disematkan dalam teks, gambar, video, tombol, atau elemen halaman lainnya. Backlink “dinilai” dari relevansi, domain authority (DA), penempatan link dan yang lainnya. 

Sedangkan referring domain adalah sebuah situs yang mengandung satu atau lebih backlink. Anda sangat mungkin sekali untuk mendapatkan banyak backlink dari satu domain atau bahkan bisa juga sebaliknya. Perlu Anda ketahui, jumlah backlink yang banyak yang berasal dari satu referring domain bisa dianggap sebagai black hat SEO yang jelas saja tidak baik untuk situs Anda. 

Reffering Domain

Cara Untuk Cek Referring Domain dan Backlink 

Sekarang, Anda sudah mengetahui sedikit mengenai backlink dan juga referring domain. Mari kita cari tahu tentang bagaimana untuk mengecek referring domain dan juga backlink. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan tools salah satunya adalah tools milik Ahrefs. Bagaimana caranya? Caranya mudah sekali, ikuti langkah seperti di bawah :

  1. Masuk ke dashboard Ahrefs
  2. Tuju pilihan “Site Explorer
  3. Masukkan nama situs (alamat situs atau website) ke dalam search bar lalu klik enter atau klik icon search
  4. Klik bagian “Referring Domain” untuk melihat referring domains yang tertaut
  5. Untuk melihat backlink di dalam situs yang sedang Anda cek, silakan untuk tuju bagian “Backlink

Mengapa Referring Domain Penting untuk SEO?

Claudia Cruz, Thrive Linking Building Manager dalam postingan Thrive mengatakan “Referring domains, aka ‘ref domains’ or ‘linking domains,’ are crucial for SEO if you want to bring more traffic onto your site and impact your website’s ranking,”

Referring domain merupakan sumber trafik atau lalu lintas yang mengirimkan sinyal ke pengguna ataupun Google untuk mengindikasikan bahwa situs Anda adalah situs yang kredibel dan profesional. Google memperhatikan beberapa faktor untuk menilai suatu backlink seperti yang telah disebutkan di atas. 

Jika Anda ingin mendatangkan banyak traffic, mendapatkan backlink dari reffering domain yang sudah “populer” sangat penting. Sebuah studi yang pernah dilakukan Ahrefs mengatakan jika sekitar 90% halaman yang tidak memiliki referring domain tidak mendapatkan traffic apapun dari Google. Tanpa adanya referring domain yang berkualitas pada situs Anda, Anda kehilangan kemungkinan untuk mendapatkan potensial traffic, engagement, atau bahkan penjualan. 

Apakah Referring Domain Termasuk SEO Factor?

Jawabannya adalah ya, referring domain termasuk ke dalam SEO factor. Ya, faktanya ini mampu berdampak tinggi pada rangking sebuah situs di SERPs. Meskipun demikian, bukan berarti Anda sah sah saja untuk sembarangan dalam memperoleh referring domain. Tujuan utama dalam membangun link adalah mendapatkan top referring domain dengan kriteria :

  1. Relevan dengan niche situs Anda
  2. Dapat dipercaya
  3. Berkualitas tinggi
  4. Kredibel

Cara Mendapatkan Referring Domain yang Berkualitas

Referring Domain untuk SEO

Analisa Laporan Referring Domain Anda

Laporan referring domain memberikan rincian lebih lengkap mengenai “siapa saja” situs yang tertaut dengan situs Anda. Dengan melakukan analisa ini, Anda jadi tahu dari mana saja sumber backlink Anda dan apakah berkualitas atau tidak. Serta jadi tahu untuk kelanjutannya ingin dipertahankan atau tidak.

Lihat Halaman yang Memiliki Kinerja Terbaik, Bandingkan dengan yang Lain

Mengidentifikasi halaman yang bekerja baik dan tidak juga termasuk ke dalam cara terbaik untuk membuat content strategi serta link building. Dengan melihat top pages, Anda bisa “meniru” untuk halaman yang lainnya juga sehingga semua halamannya bisa merata tidak ada kesenjangan antara yang satu dengan yang lainnya.

Buat Konten Berkualitas 

Langkah yang selanjutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas mampu memperluas target audiens target dan traffic, meningkatkan konversi, serta meningkatkan otoritas situs. Anda bisa membahas tentang topik yang jauh lebih “dalam” lagi untuk menciptakan konten yang berkualitas, atau Anda juga bisa menyewa Jasa Penulis Artikel untuk memenuhi kebutuhan konten situs Anda.

Lihat Kompetitor

Salah satu cara untuk melihat referring domain dalam SEO adalah dengan melihat milik kompetitor. Tak ada salahnya untuk sedikit meniru backlink SEO milik kompetitor karena hal tersebut sudah hal yang biasa untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan tools cek backlink seperti MOZ, Ahrefs, Majestic SEO ataupun yang lainnya.

Optimalkan Link Building Strategy Anda

Yang selanjutnya adalah lebih mengoptimalkan link building strategi. Anda juga bisa memanfaatkan Jasa Backlink Website untuk membantu membangun link building situs Anda. Namun sebelum memutuskan untuk mempercayakan kepada penyedia jasa ini, lihat terlebih dahulu kredibilitasnya.

Nah itulah pembahasan mengenai referring domain kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini sampai habis bisa membuat website bisa berada di halaman satu dengan jauh lebih mudah.