banyumedia.co.id – Kemajuan teknologi membuat siapa saja bisa bertindak dan melakukan perubahan yang sangat signifikan jauh dari yang mereka bayangkan sebelumnya. Apabila zaman dahulu meraih kesuksesan tidak dapat secepat dan progress secepat sekarang, maka seharusnya Anda selalu terpacu untuk belajar dan mengembangkan bisnisnya jauh lebih baik lagi. Salah satunya berangkat dari platform favorit siapa saja yaitu YouTube, yang mana sekarang tidak hanya bisa Anda tonton saja karena bisa Anda berdayakan lebih untuk mengembangkan bisnis Anda. Penasaran? Berikut strategi beriklan menggunakan YouTube Ads!
Pentingnya Mengetahui Strategi Beriklan di Youtube yang Matang
Penting halnya mengetahui strategi beriklan menggunakan iklan Youtube ini apalagi jika Anda ingin melakukannya sendiri tanpa bantuan Jasa Setting Iklan Youtube Ads. Seperti yang sudah Anda sekalian ketahui bahwa beriklan adalah salah satu cara ampuh dan jitu untuk memasarkan produk atau jasa Anda yang mana didasari atas cara konvensional maupun modern.
Karena semuanya berbasis komunikasi yang efektif maka iklan di media sosial juga membutuhkan komunikasi dan strategi yang tepat khususnya dengan keywords yang ada sehingga bisa menuntun calon pembeli untuk memperoleh iklan Anda. Disini sebelum Anda memutuskan untuk beriklan di YouTube, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan khususnya format iklan yang akan Anda gunakan.
Karena disebut sebagai channel yang sangat multiplatform, maka sudah pasti dalam semua fitur yang ada, YouTube akan memberikan celah keuntungan yang berbeda-beda tergantung dari format iklan Youtube yang dipilih. Misalnya disini pada skippable in-stream ads, maka calon pembeli Anda bisa menikmati video iklan Anda secara singkat dan menekan tombol skip setelah beberapa waktu tertentu. Hal ini akan jauh berbeda ketika Anda menggunakan non-skippable in-stream ads yang mana penonton harus menonton iklan selama minimal 15 detik. Keduanya memiliki sisi positif dan negatif yang mana tergantung dari jenis konten yang Anda naikkan sebagai iklan.
Kemudian di deretan berikutnya terdapat bagian dari non skippable ads dimana iklan ini muncul bukan di tengah video melainkan di awal sebelum konten terputar. Dalam waktu 6 detik ini Anda akan lebih diuntungkan karena mau tidak mau penonton harus menunggu dan menonton iklan kalian sebelum menonton konten asli yang Anda inginkan. Dan yang terakhir yaitu video discovery ads merupakan iklan yang muncul di setiap halaman, hasil pencarian, ataupun sisi kanan kiri halaman berupa foto, video, teks. Strategi beriklan menggunakan YouTube Ads seperti apakah kemudian yang cocok untuk pemasaran bisnis Anda?
Mengulik Strategi Sukses Dalam Beriklan Di YouTube
Tentu terdapat perbedaan antara pemasaran tradisional dan modern yang mana meskipun terasa lebih ringan dan efektif, tetapi apabila tidak diimbangi dengan baik dan maksimal justru hanya akan membuang-buang budget beriklan di Youtube Ads maupun alokasi yang lain. Disini langkah pertama yang mampu Anda ambil sebelum beriklan di YouTube adalah dengan iklan apa yang cocok dengan bisnis Anda. Tentukan tujuan dari iklan Anda apakah hanya sekadar menyebarkan awareness, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan engagement klien.
Setelah itu, kalian wajib mencoba seluruh iklan secara berkala untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari masing-masing iklan bagi bisnis Anda. Tentunya hal tersebut akan berkaitan dengan manakah nantinya iklan yang sesuai dan akan Anda pertahankan terus dalam iklan YouTube Anda. Setelah menjalankan uji coba di setiap iklan maka pasti Anda tahu bagaimana segmentasi penonton iklan Anda. Dari sini Anda bisa melakukan evaluasi ulang terhadap targeting yang Anda lakukan baik dari segi umur, gender, ketertarikan konten, dan kebiasaan membeli yang tepat yang mana dari sinilah Anda bisa tahu konten engangement yang seperti apakah untuk meningkatkan penjualan Anda.
Oleh sebab itu, setelah keempatnya berjalan dengan baik maka tahap berikutnya adalah memastikan penonton yang mana adalah calon pembeli Anda sendiri, berada di tahap konsisten untuk berada dalam menikmati iklan Anda. Anda harus menjaga jalinan ikatan dengan klien baik secara langsung melalui konten ataupun pendekatan melalui jenis iklan lainnya sehingga mampu menjadi perbincangan khalayak. Metode ini merupakan cara yang justru paling efektif untuk pemasaran karena disini Anda akan terasa terikat langsung dengan audience.
Strategi beriklan menggunakan YouTube Ads yang terakhir adalah dengan menggunakan CTA atau Call To Action untuk klik pada link yang sedang kalian promosikan. Penggunaan tombol tambahan berupa “Sign Up” ataupun “Click Here” akan membawa audience kepada tahap paling terakhir yang Anda perlukan. Kemudian, perhatikan pula instant review yang telah muncul dalam platform iklan Anda dari durasi tonton, waktu audience menonton, jumlah tayangan, dan adanya tindakan lainnya yang muncul. Oleh sebab itu, panjangnya rangkaian dalam strategi beriklan menggunakan YouTube Ads terkadang membuat pengusaha bingung. Namun tidak perlu takut banyak Jasa YouTube Ads yang akan membantu Anda menemukan fitur terbaru YouTube Ads yang pas untuk Anda.