Paket Biaya Iklan Google Ads Terupdate 2024 | Harga Terbaik
Biaya Iklan Google Ads berapa sih? Terus hitungnya per berapa hari? Sebagai penyedia Jasa Iklan Google Ads, di Banyumedia anggaran beriklan Google Ads sangat fleksibel. Silakan ditentukan berdasarkan besarnya bisnis, ketersedian anggaran, ataupun profit Anda. Perlu diingat, Semakin banyak budget, semakin banyak kunjungan, semakin besar pula peluang terjadi penjualan. Kalau saya, lebih baik mendapat 2 juta dalam 2 minggu, daripada 1 juta dalam 1 bulan. Kalau Anda, bagaimana? Selengkapnya bisa melihat dari tabel di bawah ini. Disclaimer, untuk harga terupdate silakan hubungi tim kami ya



Mau Iklan dengan Budget Custom? Silakan Hubungi Tim!
Kenal Lebih Dekat Dengan Google Ads!
Sebelum memngulik lebih dalam mengenai biaya Google Ads, mari bahas apa itu Google Ads itu sendiri. Google Ads merupakan salah satu platform milik Google yang memungkinkan penggunanya untuk mengiklankan jasa ataupun barang yang dimilikinya di berbagai produk Google yang lainnya. Salah satu alternatif untuk membuat bisnis makin berkembang yang satu ini kian hari kian banyak orang yang menggunakannya. Alasannya tentu karena kelebihannya yang tidak main – main.
Namun, perlu diingat. Salah strategi dalam beriklan di Google Ads bisa membuat keuangan merugi. Bisa boncos. Untuk itulah agency hadir. Memang, Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar jasa yang Anda gunakan. Namun, bukankan hasil Google Ads setting seorang ahli sudah “pasti” daripada coba – coba sendiri?
Mitos : Google Ads Sering Dianggap Mahal, Benarkah?
Benarkah harga pasang iklan di Google mahal? Jawabannya adalah tidak. Tidak dibandingkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Selain itu, beriklan di Google juga sangat fleksibel dalam pembiayaan. Anda bisa beriklan dengan biaya berapapun yang Anda miliki.
Tak hanya itu saja, Google Ads juga menerapkan sistem CPC alias cost per click. Apa artinya? Artinya yakni Anda hanya akan membayar untuk tiap 1 klik saja. Jika Anda beriklan tetapi tidak ada yang mengklik iklan Anda berarti Anda tidak perlu membayar biaya pasang iklan Google Ads. Wah, menguntungkan bukan?
Di Indonesia sendiri harga iklan Google per satu klik bervariasi. Biasanya mulai dari 800 rupiah untuk tipe search ads, 150 rupiah untuk display ads, dan 30 rupiah per view untuk jenis iklan video. Lantas, Bagaimana perhitungannya?
Perhitungan Saat Beriklan di Google Ads, Bagaimana?
Lihat Kata Kunci yang Anda Gunakan
Hal pertama yang harus Anda ketahui untuk mengetahui berapa jumlah harga iklan Google Ads yang harus Anda bayarkan adalah dengan mempertimbangkan kata kunci yang Anda gunakan. Biasanya, jika Anda menggunakan Google Keyword Planner, Anda akan diberikan berapa estimasi untuk bidnya. Namun, referensi tools pencari keyword ada banyak kok. Anda bisa menggunakan mana saja.
Perlu Anda ketahui, pemilihan kata kunci ini sangat krusial. Jika Anda salah langkah di tahap ini, rasanya sulit untuk mendapatkan hasil akhir yang baik. Untuk itu, identifikasilah kata kunci yang akan Anda gunakan. Di sinilah pentingnya peran agency. Biasanya, mereka sudah sangat berpengalaman. Bukan sesuatu yang membingungkan bagi agency untuk mempertimbangkan mana yang terbaik serta tidak membuat biaya iklan Google Ads membludak.
Pencarian Kata
Tak hanya kata kunci saja yang harus diperhatikan. Poin yang satu ini juga tak kalah penting. Intensitas dan relevansi pencarian kata biasanya juga berpengaruh pada harga pasang iklan di Google. Umumnya pencarian kata yang tinggi akan membuat proses pemasangan iklan jadi jauh lebih efektif. Sama seperti saat riset kata kunci, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tools. Rekomendasinya adalah ubersuggest.
Biaya Per Klik
Seperti yang telah sedikit dibahas di atas, dalam Google Ads sangat bergantung sekali dengan bidding. Perlu strategi khusus untuk menentukan bidding Google Ads. Ini adalah salah satu faktor yang menentukan berapa jumlah biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Bid sendiri adalah tawaran yang Anda beriklan selaku pengiklan untuk beriklan di Google. Bid nantinya juga akan berpengaruh pada posisi iklan di Google.
Ekspektasi CTR
Biaya Pasang Iklan Google Ads dipengaruhi oleh CTR? Iyap benar sekali. Untuk Anda yang belum tahu, CTR atau Click Through Rate adalah perbandingan antara jumlah klik dan juga jumlah tayangan iklan Anda. Berapa rumus ekspektasi CTR iklan Google Ads. Jawabannya adalah bebas. Misalkan saja jika iklan Anda tayang 100x dan Anda ingin 10 klik maka CTR harapan Anda adalah 10%.
Perhitungan Biaya / Harga Beriklan di Google
Nah pada tahap ini, Anda sudah bisa memperkirakan berapa biaya yang harus Anda keluarkan. Disclaimer ini baru perkiraan ya. Bagaimana rumusnya? Rumus untuk menghitungnya yakni perkiraan budget iklan = search volume bulanan X biaya per klik X ekspektasi CTR.
Itulah gambaran bagaimana perhitungan pengeluaran yang harus Anda bayarkan jika ingin beriklan di Google Ads. Tak hanya itu saja, budget beriklan di Google Ads juga dipengaruhi oleh hal lainnya. Apa sajakah itu? Berikut banyumedia.co.id jabarkan berbagai poinnya.

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya Iklan Google Ads
Budget Harian
Biaya kampanye Google Ads dapat dikendalikan dengan mengatur budget harian. Misalnya Anda mengatur budget harian sebesar Rp. 100.000,-, maka biaya yang Anda keluarkan setiap harinya tidak jauh dari angka Rp. 100.000,-. Tepat untuk mengatur anggaran biaya agar tidak membengkak.
Besaran budget harian akan menentukan berapa kali iklan akan tayang setiap harinya. Besaran budget sepenuhnya dapat dikontrol dan terserah Anda. Tidak ada batasan minimal budget. Semakin besar budget harian maka semakin sering iklan Anda akan muncul. Budget kecil akan mengakibatkan iklan Anda tidak selalu muncul ketika kata kunci yang Anda bidik sedang dicari. Ketika budget harian yang Anda tentukan sudah habis, maka iklan Anda akan berhenti muncul pada hari itu. Jika Budget harian berlebih atau sisa, maka akan digunakan untuk hari berikutnya. Dengan demikian, bisa jadi iklan Anda akan tayang lebih lama dari perkiraan.
CPC Bidding / Penawaran Lelang BPK
Iklan Anda akan bersaing dengan iklan dari pengiklan lain dengan sistem lelang. Besaran penawaran (bid) menentukan berapa rupiah yang sanggup Anda bayar setiap kali ada orang mengklik iklan. Penawaran lebih besar akan lebih memungkinkan iklan tayang pada posisi teratas sesuai dengan kata kunci yang dibidik.
Quality Score
Semua iklan dalam Google Ads diukur berdasar kualitas yang kemudian mendapat nilai atau skor yang kemudian disebut Quality Score (1 – 10). Quality Score ditentukan banyak faktor. Di antaranya dinilai berdasarkan tingkat relevansi iklan, kata kunci yang digunakan dan kualitas dari website. Quality Score dijadikan sebagai ukuran seberapa relevan kata kunci, ad group, dan website.
Tiga hal di atas akan berjalin kelindan menentukan biaya per klik, jumlah kali tayang, serta posisi iklan (paling atas adalah posisi paling baik). Sebagai contoh: jika Google menganggap kata kunci tidak relevan dengan produk yang ditawarkan, maka Anda akan mendapat Quality Score yang jelek, dan akhirnya biaya per klik menjadi lebih mahal dari idealnya.

Jadi, bagaimana? Biaya Iklan Google Ads tidak mahal bukan? Jadi, kapan akan beriklan di Google Ads?